Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Jakarta
Profil Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti
Program Studi
Fasilitas
Pendaftaran Mahasiswa Baru
Berita dan Agenda
Akses Online untuk Mahasiswa, Dosen dan Karyawan
Organisasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti

 

 
 

Pendaftaran Mahasiswa Baru
Fakultas Ekonomi
Melalui Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB)

   I. Persyaratan Administrasi

Untuk program seleksi siswa berpotensi melalui Saringan Nilai Raport, Siswa yang berminat disyaratkan untuk :

    1. Membuat Surat Lamaran yang ditujukan kepada Rektor Universitas Trisakti.

    Up. BIRO ADM. AKADEMIK
    KAMPUS "A" Ged. M Lantai 7
    Jl. Kyai Tapa No. 1 Grogol - Jakarta Barat 11440
    1. Mengisi formulir yang disediakan (dapat diambil di SMU masing-masing).

  1. Kemudahan/Keringanan yang diberikan

    1. Bebas Biaya Pendaftaran/Pembelian formulir.
    2. Bebas seleksi ujian secara tertulis yang diadakan Universitas Trisakti secara reguler dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru.
    3. Bagi yang memenuhi persyaratan dapat diterima dengan SPP peringkat 1.
  1. Persyaratan Akademik

    1. tidak pernah tinggal kelas selama sekolah di SMU.
    2. mempunyai prestasi dan potensi akademik yang baik.
  • Lulus test khusus.
  • rata-rata nilai raport minimal percawu selama 5 cawu terakhir.
    1. berada dikelas III SMU pada tahun ajaran berjalan.
    2. memilih salah satu program studi yang ada di Fakultas Ekonomi Usakti.
    3. dinyatakan resmi diterima bila siswa telah lulus EBTA dan EBTANAS pada tahun tersebut.
  1. Registrasi Mahasiswa Baru

    Bagi calon Mahasiswa Baru yang dinyatakan lulus/diterima melalui PSSB baik melalui test maupun penyaringan/seleksi raport diwajibkan mendaftar kembali sebagai Mahasiswa baru Universitas Trisakti.

    • Yang dinyatakan lulus test/diterima melalui seleksi raport mendapat surat pemberitahuan.
    • Calon Mahasiswa melapor ke Fakultas untuk menyatakan kesanggupan menjadi Mahasiswa Universitas Trisakti dengan mengambil slip pembayaran keuangan yang terdiri dari seperempat SPP ditambah kewajiban membayar BPP Pokok, BPP Tambahan, DKM, KM, P3AMB, Jaket dan DKMK.
    • Selanjutnya calon Mahasiswa membayar ke Bank BNI’46.
    • Calon Mahasiswa yang sudah membayar kewajiban keuangan dapat diberikan formulir SIM/Regristrasi untuk diisi dan diserahkan kembali ke Fakultas masing-masing.
  1. KETENTUAN MENGENAI PENGUNDURAN DIRI
    A.REGULER.

    I. ketentuan Jadwal dan Biaya Administrasi

    Setiap calon mahasiswa baru mempunyai kesempatan mengundurkan diri pada waktu yang ditentukan sesuai jadwal waktu tersebut dibawah ini, yang dikenai potongan biaya administrasi sebesar Rp.5.000.000,- ( lima juta rupiah ).
    Bila proses pengunduran diri yang dilakukan diluar jadwal yang telah ditentukan ( setelah tanggal 20 Agustus 2005 ) , maka semua uang yang telah dibayarkan tidak dikembalikan.

  2. NO

    PENGUNDURAN DIRI

    WAKTU

    BIAYA ADMINISTRASI

    1.

    Periode I

    1 Maret s/d 8 Maret 2005

    Rp.5.000.000,-

    ( Lima juta rupiah )

     

    2.

    Periode II

    29 Maret s/d 8 April 2005

    3.

    Periode III

    6 Juni s/d 11 Juni 2005

    4.

    Periode IV

    1 Juli s/d 9 Juli 2005

    5.

    Periode V

    16 Agustus s/d 20 Agustus 2005

    6.

    --

    Setelah tanggal 20 Agustus 2005

    Semua uang yang telah dibayarkan tidak dikembalikan

    II. Persyaratan dan Prosedur Pengunduran Diri

    1. Persyaratan Administrasi

    a. Mengajukan Surat Permohonan Pengunduran diri dengan meterai Rp.6000,-.
    b. Kartu Asli Peserta Ujian Saringan Masuk Universitas Trisakti.
    c. Slip Asli Tanda Pembayaran yang telah dilakukan.
    d. Tanda Pengenal Asli ( SIM/KTP ).
    e. Surat Perjanjian Pembayaran dan Pengunduran diri.
    Semua persyaratan tersebut difotocopy masing-masing 1 (satu) lembar.

    2. Prosedur Pengunduran diri

    Pengunduran diri dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa yang bersangkutan dan atau oleh orang tuanya, tidak boleh diwakilkan, dengan prosedur sebagai berikut :

    a.

    Mengajukan permohonan pengunduran diri kepada ketua PMB Usakti, u/b Dekan Fakultas yang menerima calon mahasiswa tersebut, dengan dilampiri persyaratan administrasi seperti pada point 1.

    b.

    Calon Mahasiswa yang mengundurkan diri diberikan surat persetujuan pengunduran diri dari Dekan Fakultas untuk diberikan kepada Biro Administrasi Keuangan (BAKU) dengan tembusan kepada :

     

    ~ Wakil Rektor I ( untuk administrasi akademik )
    ~ UPT Puskom ( untuk administrasi akademik dan database )

    c.

    Calon mahasiswa membawa surat tersebut ke biro keuangan Usakti untuk mendapatkan tanda bukti pengembalian uang ( cek ).

    d.

    Calon mahasiswa yang mengundurkan diri dapat mengambil uangnya di Bank BNI'46 dan proses administrasi pengunduran diri selesai.

     

     

 


-= Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti =-

Kampus A : Jalan Kyai Tapa (Grogol) Jakarta - 11440 Indonesia, Telepon: (62-21) 566-8632, 566-3232 (Hunting) Fax: (62-21) 564-4270
Extension : Program Studi Ilmu Ekonomi (8312), Program Studi Manajemen (8311), Program Studi Akuntansi (8310),
Kelas Internasional (8351), Bag. Ujian (8313), Komputer (8331), Perkuliahan (8307)
Kampus F : Jalan A.Yani (By Pass) Jakarta - 10510 Indonesia Telepon : (62-21) 4243105,4241004 Fax : (62-21) 4200126

Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi - Universitas Trisakti
Telepon : (021) 56969063

E-mail: infofe@trisakti.ac.id


--== Copy Right (c) 2010 - Fakultas Ekonomi Universitas TRISAKTI ==--
All Right Reserved